Pakpak Bharat Menuju ISO 9001:2008 Terintegrasi

Pakpak Bharat adalah pemecahan dari Kabupaten Dairi yang berpusat di Kota Sidikalang. Berrdasarkan keputusan dari Gubernur Sumatera Utara. Kabupaten Pakpak Bharat ditetapkannya di Kota Salak.  Jarak tempuh dari Kota Medan normallnya adalah sekitar 5 Jam. Tetapi kalau dihari akhir pekan bisa menjadi 8 jam kerena kemacetan di wilayah Kota Medan dan Kabupaten Karo.  Pakpak Bharat adalah Kabupaten yang masih membangun diri. Kota salak adalah kota yang jauh dari hiruk pikuk kebisingan dan kesibukan kota besar.
Kegiatan dan aktifitas yang tertuntduk pada suatu perusahaan konsultan, mengharuskan saya harus sering ke Pakpak Bharat. Tepatnya pada pertengan bulan  Agustus tahu 2014 ini adalah kunjungan yang ke-4 kalinya saya ke Pakpak Bharat. Perjalanan kami dimulai pada pukul 2 siang. Tetapi karena ada urusan sana sini membuat jam keberangkatan kami tertunda dan baru beranjak dari Kota Medan pada pukul 5 sore.  Perjalanan berjalan kurang mulus karena macetnya jalan berhubung ini pada akhir pekan. Banyaknya para wisatawan yang baru pulang ber-rekreasi dari Kabupaten Karo, apakah dari Bandar Baru, Sibolangit, Berastagi, Merek, Simalen, atau bahkan dari sidikalang. Selanjutnya yang membuat macet yaitu adanya kecelakaan sebuag truck yang menjadikan perjalanan menjadi lambat. Bayangkan jasa jarak yang biasanya dapat ditempuh dalam waktu 1 jam, dikarenakan macet perjalanan menjadi semakin panjang dengan penambahan waktu menjadi 4 jam.



Tepat pukul 1 dinihari perjalanan kami berakhir di Desa Sosor. Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat. Berbeda dengan kunjungan kami sebelumnya, biasanya kami menginap disalah satu hotel di Kota Salak yaitu Hotel Waris. Tetapi kunjungan kali ini berbeda. Kami menginap di salah satu Home Stay ala Desa dan dengan fasilitas sederhana. Ini merupakan rumah yang disewakan khusus untuk kedatangan kami. Rumah dengan fasilitas standar dengan 2 kamar tidur, kamar mandi, dapur, listrik, very cold water, dan hiburan kami salah satunya yaitu Televisi Changhong dengan Jaringan televisi indovision.
Agenda kedatangan Tim kami kali ini adalah dalam rangka pelaksanaan Training Internal Quality Audit dan pelaksanaan Supervisi Dokumentasi. Ini semua dalam tahapan Integrasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang terintegrasi untuk seluruh SKPD di Kabupaten Pakpak Bharat. Ini merupakan program utama dan cita-cita dari Bupati Pakpak Bharat yang mendukung program peningkatan kualitas SDM pegawai negeri sipil dan merupakan program kerja dari Kemeterian Pemberdayaan Aparatur Pemerintah (Menpan-RB)
Pada hari pertama pelaksanaan pelatihan di SKPD Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat. Materi yang kami bawakan adalah Refreshment Awareness & Documentation ISO 9001:2008 dan  setelah istirahat siang dilanjutkan dengan  Training Internal Quality Audit. Keesokan harinya pelaksanaan training yang sama dilanjutkan ke beberapa SKPD yaitu BKD, Inspektorat, dan Puskesmas kecamatan kerajaan.

Pelaksanaan atau implementasi ISO 9001:2008 di Kabupaten Pakpak Bharat ini dimulai pada awal tahun 2013 silam. Pakpak Bharat menjadi model sistem pemerintahan yang mengadopsi sistem manajemen mutu yang terpusat dan diharapkan kedepannya seluruh SKPD di Pakpak Bharat ini mengimplementasikan ISO 9001:2008. Diawali dengan SKPD frontline yang mencakup Dinas kesehatan, Rumah Sakit, Dinas Pendidikan, SMA Negeri 1 Salak, SD Negeri Salak, Kecamatan Salak, Dippekade, Puskesmas Kecamatan Siempat Rube Disdukcapil. Untuk tahapan kedua direncanakan akan dilaksanakan sertifikasi untuk SKPD Backline antara lain BKD, Inspektorat, Bappeda, Sekda, Dinas Perhubungan, SMA Negeri 1 Salak, dll. Diharapkan dua tahun kedepan seluruh SKPD telah mengimplementasikan dan disertifikasi ISO 9001:2008.



0 Response to "Pakpak Bharat Menuju ISO 9001:2008 Terintegrasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel