Ada apa di Wih Ni Kulus?

Jalan darat dari Bireuen ke Takengon ditemani dengan jalan aspal yang berkelok, mendaki, dan dimanjakan dengan naturalisme alam pegunungan yang menyatu. Sepanjang perjalanan Bireuen, Bener Meriah, dan Aceh Tengah banyak tempat menarik yang kita lewati seperti krueng simpo, Bukit Cot Panglima, pemandian air panas simpang balik, hutan pinus, dan lain-lain. Banyak pondok dipinggir jalan yang bisa kita singgahi dari ponduk menjual alpukat, pondok durian, pondok kopi, sampai pondok khop (jambo khop sudah tidak ada lagi). Salah satu spot lain yang sempat kami singgahi adalah Wih Ni Kulus.

Apasih Wih Ni Kulus? Banyak yang menyebut dengan Whini Kulus, atau Wih Kulus. Kawasan wisata seru dan sejuk ini nan hijau ini menyajikan pemandian air dingin dari pegunungan di Dataran Tinggi Gayo. Letaknya di Kabupaten Bener Meriah. Apa daya tarik disini? Selain panorama alam yang indah, bebatuan alam di sepanjang aliran sungai juga menambah keindahan alam wisata Wih Ni Kulus.

Ternyata dibalik semua keindahan alam yang bisa dikatakan menabjubkan ini, tersimpan nilai historis tentang perjuangan sejarah Aceh sebagai Kota Serambi Mekkah (akan kita bahas berikutnya).

Umumnya pengunjung yang datang kesini adalah keluarga. Kalaupun ada muda mudi berpacaran datangnya secara berombongan. Karena Aceh daerah bersyariat islam, disini dilarang keras berdua-dua bagi mereka yang bukan muhrim.

 Kawasan wisata ini bisa dikatakan kawasan wisata favorit di Kabupaten Bener Meriah. Karena dalam 1 hari tidak kurang 20 sampai 40 kendaraan yang singgah dan bertambah 50 sampai dengan 100 kendaraan setiap harinya di hari weekend dan hari libur.

Untuk fasilitas disini juga sudah memadai walaupun harus ada peningkatan. Disini terdapat sungai yang mengalir deras yang bisa untuk mandi. Bisa disamakan dengan Batee Iliek tetapi Wih Ni Kulus lebih kecil sungainya. Disini terdapat area parkir tetapi sarannya harus di lebih diperluas. Untuk fasilitas Mushalla dan kamar mandi sudah memadai.

Demikian sedikit pendeskripsian tentang Wih Ni Kulus. 



2 Responses to "Ada apa di Wih Ni Kulus?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel