Kepingin? ada apa saja di Pulau Seribu?

Tak terasa sudah memasuki tahun 2018. Tidak terasa tahun 2017 terlewati dengan segala macam hal-hal baru yang bisa kita nikmati bersama. Tahun 2017 tentu menjadi tahun penting karena sehebat apapun kita tidak bisa akan kita lewati kembali. Ya jelas karena 2017 adalah masa yang lalu semampu apapun kita tidak bisa mengulang masa indah yang lalu. Maka kini masanya adalah masa 2018. Harapan kita bersama tahun 2018 ini membuka “jalan-jalan” baru yang lebih “jalan-jalan” dari tahun 2017.


Dalam dunia bisnis atau birokrasi awal tahun 2018 dimanapun pasti diawali dengan perencanaan untuk kegiatan, dan sebagian lagi menyelesaikan pelaporan atau kegiatan yang tertunda di tahun sebelumnya. Begitu juga dengan kami. Awal tahun ini sembari menyusun dan menyinergikan kegiatan tahunan diberikan kesempatan lagi untuk melakukan perjalanan kembali ke Jakarta. Perjalanan kali ini hanya beberapa jam saja karena keesokan harinya saya harus sudah kembali karena banyak hal yang harus diselaikan di daerah asal. Perjalanan kali ini tidak kesan apa-apa sampai akhirnya saya sudah di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta di pukul 11.00

Tepat pukul 12.15 pesawat lepas landas. Tidak seperti biasanya pesawat selalu berputar haluan ke arah kanan. Tetapi pada siang ini mungkin karena pengaruh cuaca atau perintah lalu lintas udara, pesawat mengepakkan saya ke haluan kanan. Disinilah yang membuat saya terkesan. Seperti perjalanan sebelumnya saya tidak pernah melihat gugusan pulau yang begitu indah ini di udara. Hati saya mengatakan kok ada ya di Jakarta ratusan pulau yang seindah ini. Pikiran saya mulai menganalisa pulau-pulau apa ini. Terlihat dari udara seperti ada kolam renangnya. Hasil analisa saya benar ternyata ini adalah Kepulauan Seribu. Ternyata ini memang sangat indah dan memang tempat wisata bahari terbaik untuk wilayah Jakarta (bagi yang tau). Karena indah dan penasaran intinya jadi kepingin kesini. Kapan-kapan ya.

Kota Jakarta banyak merupakan kota yang sibuk, polusi, penuh sesak dengan manusia maka tidak heran warganya ingin segera kabur disaat hari libur tiba. Tempat –tempat bernuansa alam seperti pantai dan pulau adalah menjadi incaran warga. Mungkin belum banyak tau sebenarnya jakarta punya semua ini. Pantai yang bagus, air laut yang bening, pasir yang putih, pepohonan pesisir yang asri. Dimana dia? Ya di Kepulauan Seribu.

Kepulauan seribu adalah gugusan pulau-pulau yang ada di wilayah Utara jakarta atau di sebelah barat bagian bawah pulau sumatera. Mutiara yang indah ini sering tidak disadari oleh warga Jakarta sendiri. Padahal ada beberapa pulau disini yang keindahannya dapat disetarakan dengan pulau dewata atau lombok atau pulau lain di wilayah timur. Sekedar informasi, pulau seribu memiliki nama panjang Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu dengan luasnya 108.000 ha dengan tujuan wisata dan konservasi.

Ada apa saja dipulau seribu ini. Kenapa kita wajib tahu dan apa saja daya tariknya? Berikut 12 pulau yang dapat kita kunjungi.

1. Pulau Tidung








Ini merupakan tempat yang paling terkenal dan akomodasinya juga sudah lancar dan tersedia dengan baik. Pulau ini terdiri dari 2 pulau. Yaitu tidung besar dan tidung kecil dimana kedua pulau ini dihubungkan dengan 1 jembatan yang dijuluki jembatan cinta. Banyak jasa travel menawarkan pesona wisata pulau ini. Untuk menuju kesini kita bisa menggunakan jasa penyebrangan di Pelabuhan Muara Angke.


2. Pulau Semak Daun

Pecinta taman bawah laut atau snorkling dan diving wajib mengunjungi kawasan ini. Pantai pasir petih yang menyilaukan mata tersedia di pulau ini. Pulau ini tidak berpenghuni maka cocok menjadi tempat pelarian diri sejenak dari kesibukan Kota Jakarta yang tiada habisnya. Perlu diingat sampai saat ini belum ada penginapan di pulau ini. Jika berminat menginap bisa membawa kemah dan perlengkapan camping.


3.Pulau Bira

Pulau ini belum terlalu dijamah oleh wisatawan sehingga terlihat masih perawan dan mulus alias tidak ada sampah. Untuk menuju ke Pulau ini bisa ditempuh dari Muara Angke dengan 1 kali transit di pulau lain. Pulau ini menawarkan bibir pantai yang cantik dan bawah laut yang mempesona pada pandangan pertama dan tak kuasa untuk menjamahnya. Disini terdapat rumah kayu yang dikelola warga untuk menginap dan bermalam disini.

4.Pulau Pari

Pulau pari mulai dikenal lewat paket wisata oleh agensi. Untuk penginapan juga sudah memadai. Disini menawarkan pantai yang indah, budidaya rumput laut dan keindahan bawah lautnya. Pulau Pari ini juga dijadikan sebagai Pusat Penelitian kelauatan oleh Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI). Mari ke Pulau Pari.

5.Pulau Harapan



Pulau ini memang sesuai harapan. Karena dipulau ini terdapat pemandangan biru laut yang menyejukkan mata, jembatan kayu yang bisa dibuat bersantai, serta panorama bawah laut yang keindahannya tiada batas. Selain wisata bahari disini juga terdapat penangkaran Burung Elang Langka yang bernama Elang Bongdol.

6.Pulau Bidadari

Letak pulau ini tidak jauh dari daratan jakarta. Hanya sekitar 15 KM. Pulau ini menjadi bukti sejarah karena disini terdapat benteng pertahanan. Disekitar pulau ini berbaris hutan manggrove yang lebat. Pulau ini juga ramai dihuni masyarakat. Dan dulunya merupakan tempat liburan wajib bagi penghuni kerajaan dan pangeran jayakarta. Sehingga pulau ini disebut Pulau Bidadari.

7.Pulau Pramuka



Nah ini dia, Pulau Pramuka. Pulau ini merupakan pusat pemerintahan kabupaten administrasi kepulauan seribu. Jadi umumnya jika ada pertemuan dengan pemerintah dilaksanakan di Pulau ini. Salah satu yang paling diingat adalah di pulau inilah Gubernu Jakarta Si Ahok yang terjerat kasus penistaan Agama. Selain itu juga dipulau ini terdapat edukasi untuk alam bahari seperti konservasi penyu.

8.Pulau Ayer

Pulau dengan julukan mutiara kepulauan seribu. Letaknya hanya 14 KM dari marina ancol. Daya tariknya adalah terdapat cottage yang berada diatas laut dan bergaya tradisional. Bung Karno saja sering menjadikan tempat ini sebagai tempat liburan dan disini biawak hidup bebas berkeliaran.

9.Pulau Kotok

Salah satu tempat penyelaman yang paling terkenal. Makluk hidup bawah lautnya benar-benar membuat manja para penyelam. Untuk menjaga keasrian disini tidak terdapat wahana apapun. Disini juga terdapat cottage yang dibuat dari pohon. Pasti sangat mengesankan.

10.Pulau Putri

Pulau ini tentu menawarkan keindahan bahari seperti pulau lainnya. Disini terdapat cottage untuk menginap para wisatawan. Daya tarik disini adalah menikmati sunset maka tidak salah pulau ini dijulukil “sunset cruise”.

11.Pulau Sepa

Dibandingkan pulau lain, Pulau Sepa bisa dikatakan kurang tenar. Tetapi keindahannya bisa disejajarkan. Dipulau ini bisa menyelam, snorkling, dan atau hanya sekedar cuci mata di kemulusan pantainya.

12.Pulau Pantara



Pulau Pantara adalah pulau yang paling jauh di kawasan pulau seribu. Namun fasililitas disini sangatlah lengkap. Kita bisa menginap di resort yang ada fasilitas restaurant, kolam renang, meeting room, lapangan tenis, dan dive shop. Seakan menjadi paket lengkap untuk wisata bagi family gathering kantoran.

Demikianlah penjelasan tentang apa saja yang ada di Kepualauan Seribu. Pulau yang menjadi pilihan? Mari rencanakan.

0 Response to "Kepingin? ada apa saja di Pulau Seribu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel