ISO 9001:2008 atau juga dikenal dengan Sistem Manajemen. Seperti yang telah kita bahas pada tulisan yang sebelumnya yang berjudul Introduction ISO 9001:2008. Dalam menjelankan dan mengimplementasikan sistem ini diperlukan beberapa prinsip yang sangat mendasar dan harus ditaat agar tujuan dari organisasi bisa tercapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Ada 8 prinsip manajemen mutu yang telah ditetapkan. Seluruh elemen ini mencakup top management, middle managemnt, low management, internal organisasi dan eksternal dari organisasi. Dasar-dasar dari prinsip inilah yang akan menjadi budaya kerja organisasi dalam melaksanakan kegiatan produksi dan pelayanannya. 8 prinsip manajemen tersebut adalah: 1. Customer Focus Dalam menjalankan kegiatan produksi dan pelayanannya, organisasi harus fokus pada keinginan pelanggannya. Organisasi harus tau dan mempunyai data terkait keinginan pelanggan. Misalnya dalam produksi barang, diharapkan barang yang diproduksi sesuai spesif...