TEORI PENAWARAN, FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN KURVA PENAWARAN

Terdapatnya permintaan bahwa merupakan syarat minimal untuk mewujudkan transaksi dalam pasar. Permintaan yang sempurna terjadi apabila para penjual dapat menyediakan barang-barang yang diperlukan tersebut. Dengan sederhana kita bisa bedakan penawaran dan permintaan yaitu permintaan dari sudut pandang pembeli sedangkan penawaran dari sudut pandang penjual.
  • Bagaimana tingkah laku penjual ?
  • Apa faktor yang mempengaruhi produksi?
  • Dan bagaimana harga atas penawaran itu bisa terjadi?
Itu yang akan kita jelaskan pada artikel ini dengan catatan hanya melihat sifat hubungan antara harga dan penawaran serta faktor-faktor penting yang mempengaruhi penawaran.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN

Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah
  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang lain
  3. Biaya produksi
  4. Tujuan-tujuan operasi perusahaan tersebut
  5. Tingkat teknologi yang digunakan
Sama halnya seperti permintaan, dalam menganalisa penawaran juga dengan memisalkan faktor-faktor lain tidak berubah atau ceteris paribus maka terlebih dahulu akan diperhatikan pengaruh perubahan harga terhadap jumlah barang yang ditawarkan penjual.

CIRI HUBUNGAN ANTARA HARGA DAN PENAWARAN

Harga sesuatu barang selalu dipandang sebagai faktor yang sangat penting dalam menentukan penawaran barang tersebut. Oleh sebab itu teori penawaran terutama menumpukkan perhatiannya kepada hubungan di antara tingkat harga dengan jumlah barang yang ditawarkan.

HUKUM PENAWARAN

Hukum penawaran adalah suatu pernyataan yang menjelaskan tentang sifat hubungan antara harga sesuatu barang dan jumlah barang tersebut yang ditawarkan para penjual. Dalam hukum ini dinyatakan keinginan para penjual untuk menawarkan barangnya apabila harganya tinggi dan sebaliknya bagaimana pula keinginan untuk menawarkan barangnya tersebut apabila harganya rendah. Hukum penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa makin tinggi harga sesuatu barang, maka semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya semakin rendah harga sesuatu barang semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan. Begitulah bunyi dari hukum penawaran itu sendiri.

DAFTAR PENAWARAN

Berdasarkan atas hukum penawaran diatas, sekarang akan kita buatkan sedikit gambaran mengenai jumlah penawaran suatu barang pada berbagai tingkat harga. Gambaran tersebut kita gambarkan pada tabel berikut ini :

Tabel 1
Daftar Penawaran Buku Tulis

Keadaan          Harga (Rupiah)         Yang ditawarkan (unit)
A                       5000                            900
B                       4000                            800
C                       3000                            600
D                       2000                            375
E                       1000                            100

Dengan menggunakan data dalam tabel 1 diatas kita dapat melukiskan kurva penawaran buku tulis yaitu yang digariskan oleh titik A, B, C, D, dan E. pada umumnya kurva penawaran menaik dari kiri bawah ke kanan atas. Berarti arah pergerakannya berlawanan dengan arah pergerakan kurva permintaan. Bentuk kurva penawaran bersifat seperti itu karena terdapat hubungan yang positif di antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan, yaitu semakin tinggi harga maka semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Kurva penawaran atas penawaran buku tulis digambarkan pada Gambar 1 berikut ini :

Gambar 1 Kurva Penawatan

PENGARUH FAKTOR BUKAN HARGA TERHADAP PENAWARAN

Seluruh penawaran semua barang ditentukan oleh harga barang itu sendiri dan juga oleh beberapa faktor lainnya. Kita baru saja memperhatikan bagaimana harga akan mempengaruhi jumlah yang ditawarkan. Faktor tersebut secara ringkas akan kita jelaskan pada bagian berikut ini :

Harga barang lain
Telah diterangkan dalam membahas teori permintaan bahwa barang-barang ada yang saling bersaingan (barang-barang pengganti) satu sama lain dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Barang-barang seperti itu dapat menimbulkan pengaruh yang penting kepada penawaran sesuatu barang.

Tujuan Perusahaan
Setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam menjual barangnya tetapi tentu dengan mencapai keuntungan. Misalkan untuk menghabiskan stok barang atau menjual secara promo diskon. Tujuan yang berbeda-beda tersebut menimbulkan efek yang berbeda terhadap penentuan tingkat produksi. Dengan demikian penawaran sesuatu barang yang akan berbeda sifatnya sekiranya terjadi perubahan dalam tujuan yang dicapai perusahaan.

Tingkat Teknologi
Teknologi memegang peranan penting dalam menentukan banyaknya jumlah barang yang dapat ditawarkan. Kenaikan produksi dan perkembangan ekonomi yang pesat di berbagai negara terutama disebabkan oleh penggunaan teknologi yang semakin modern. Barang akan lebih banyak dan cepat diproduksi dengan teknologi yang canggih. Dengan demikian juga mempengaruhi jumlah penawaran barang di pasar.

PERGESERAN KURVA PENAWARAN
Seperti halnya dalam analisis mengenai permintaan, dalam analisa penawaran perlu dibedakan antara pengertian gerakan sempanjang kurva penawaran dan pergeseran kurva penawaran, dimana perubahan harga menimbulkan gerakan sepanjang kurva, sedangkan perubahan faktor-faktor lain di luar harga akan menimbulkan pergeseran kurva tersebut.

Demikian penjelasan terkait teori penawaran. semoga bermanfaat

Referensi :
http://eprints.binadarma.ac.id/4458/1/BAB%204.pdf

0 Response to "TEORI PENAWARAN, FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN KURVA PENAWARAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel