Tentang SPIP dan Tujuannya

Dalam mengelola dalam menjalankan roda pemerintahan atau dalam bekerja di pemerintahan, kita sering  mendengar apa yang dinamakan dengan SPIP yang merupakan singkatan dari Sistem Pengendalian Internal Pemerintah. Dalam 2 Tahun ini SPIP menjadi salah satu sistem wajib yang diimplementasikan dalam kegiatan kepemerintahan.
Sebenarnya apa itu SPIP? dan apa tujuannya
SPIP merupakan proses integral ada tingkatan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan diikuti oleh seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengaman aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.
Artinya dalam menjalan roda atau sistem pemerintah yang komplit kita akan melihat dan mencapai apa yang dinamakan dengan tujuan dari SPIP seperti yang tertera pada definisi SPIP diatas. Yaitu sebagai berikut :
1. Kegiatan yang efektif dan efisien
Efektif bila telah ditangani sesuai dengan rencana
Efisien bila menghasilkan pelayanan prima dengan sumber daya yang sesuai standar

2. Laporan keuangan yang dapat diandalkan
Laporan keuagan yang tepat ditujukan untuk pengambilan keputusan yang tepat pula. Untuk itu laporan keuangan harus layak dipercaya agar tidak salah dalam pengambilan keputusan

3.Pengamanan Aset Negaa
Aset negara tentu merupakan milik masyarakat karena dibelanjakan dengan Pajak dan PNBP yang bertujuan untuk kepentingan negara.
Pengamanan harus dilakukan karena aset negara merupakan isu yang mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat.

4. Ketaatan terhadap perundang-undangan
Karena setiap adanya transaksi dan pengambilan keputusan adalah suatu perbuatan hukum. Karena itu setiap pelaksanaan kegiatan dan transaksi harus taat terhadap kebijakan, rencana, prosedur/SOP dan peraturan Undang-undang yang berlaku.

Demikian pemaparan sedikit tentang SPIP. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tentang SPIP dan Tujuannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel