Skip to main content

Posts

APA ITU G20, APA MANFAAT PENYELENGGARAAN G20 BAGI INDONESIA DAN MASYARAKAT

Forum G20 adalah forum antar negara yang terbentuk ketika krisis ekonomi melanda dunia pada tahun 1999. Saat pembentukannya yang pertama sebenarnya forum ini bernama G7. Dibentuk pada 1999 atas inisiasi anggota G7.

TEORI PERILAKU KONSUMEN

PERILAKU KONSUMEN DALAM ILMU MANAJEMEN Perilaku konsumen merupakan proses yang akan dilalui oleh seseorang dalam melakukan kegiatan seperti mencari, membeli, dan mengevaluasi untuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhannya. Memahami sikap dan prilaku konsumen bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi cukup sulit dan komplek. Dimana banyaknya variabel-variabel yang mempengaruhinya dan variabel-variabel tersebut cenderung saling berinteraksi. Para konsumen juga memiliki peran penting terhadap kelancaran dalam proses perekonomian. Dimana konsumen inilah yang berperan untuk memilih, menggunakan, dan menghentikan penggunaan atau konsumsi suatu produk. Jika kita berbicara tentang teori perilaku konsumen, maka banyak teori yang menjelaskan. Awalnya kita lihat dalam teori ilmu manajemen juga ada pembahasan terkait dengan perilaku konsumen. Dimana prilaku konsumen adalah suatu studi mengenai bagaimana seorang individu membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang tersedia (waktu, uang, usaha, ...

TEORI ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Apa yang terjadi pada permintaan atau penawaran suatu barang apabila harga barang mengalami penurunan sebanyak 1 persen atau kenaikan sebanyak 1 persen. Seperti kita ketahui bersama dan telah kita pelajari bahwa hukum permintaan berbunyi “penurunan harga akan meningkatkan permintaan permintaan”dan hukum penawaran “Kenaikan harga akan meningkatkan penawaran”.

TEORI PENAWARAN, FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN KURVA PENAWARAN

Terdapatnya permintaan bahwa merupakan syarat minimal untuk mewujudkan transaksi dalam pasar. Permintaan yang sempurna terjadi apabila para penjual dapat menyediakan barang-barang yang diperlukan tersebut. Dengan sederhana kita bisa bedakan penawaran dan permintaan yaitu permintaan dari sudut pandang pembeli sedangkan penawaran dari sudut pandang penjual. Bagaimana tingkah laku penjual ? Apa faktor yang mempengaruhi produksi? Dan bagaimana harga atas penawaran itu bisa terjadi? Itu yang akan kita jelaskan pada artikel ini dengan catatan hanya melihat sifat hubungan antara harga dan penawaran serta faktor-faktor penting yang mempengaruhi penawaran. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah Harga barang itu sendiri Harga barang lain Biaya produksi Tujuan-tujuan operasi perusahaan tersebut Tingkat teknologi yang digunakan Sama halnya seperti permintaan, dalam menganal...

TEORI PERMINTAAN, FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN KURVA PERMINTAAN

Masih ingatkah dengan masalah pokok pertama dalam perekonomian? Apa masalah pokoknya? Ya benar, masalah itu adalah barang yang diproduksikan dan berapa jumlahnya? Atau apakah barang yang diproduksikan dan berapa jumlahnya? Masalah itu dipecahkan dengan melakukan interaksi antara para penjual dan pembeli di pasar. Interaksi tersebutlah yang akan menentukan tingkat harga barang dan wujud oleh pasar dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan di pasar.

Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Jadwal dan Cara Melihatnya

Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. 

Pelangi di Kota Banda Aceh

Warna dasar cahaya matahari terdiri dari 7 warna tetapi yang terlihat menjadi warna putih yang dikarenakan pada saat proses berputarnya cahaya tersebut sangat cepat dan akhirnya terbentuklah cahaya matahari yang berwarna putih. Warna dasar matahari tersebut dapat kita lihat pada saat terjadinya pelangi.