6 ALASAN KENAPA MAKAN SAMBIL MAIN HP ITU TIDAK BAIK

Makan ada adalah kegiatan yang wajib kita lakukan setiap hari, baik itu makan berat atau makan ringan. Yang dikatakan makan berat adalah makan dikala waktu pagi, siang, dan malam yang didominasi oleh makanan pokok seperti makan nasi atau sarapan nasi. Lalu makan ringan bisa dikatakan selingan waktu waktu tersebut, bisa saja di sore hari seperti makan kue atau dikala waktu antara pagi dan siang atau dikenal dengan coffee break.
Sadar atau tidak sadar masih banyak makan sembari melakukan aktifitas bermain HP. Termasuk ketika sedang makan berat atau makan ringan. Memang sih itu sangat mengasyikan atau kita hanya ada waktu untuk bermain HP ketika waktu makan saja sehingga mau tidak mau kita hanya bisa membukanya ketika lagi makan, atau ada hal mendesak untuk segera kita balas atau kerjaan yang harus dituntaskan. Kemudian pas jam makan tersebut kita lagi bersama orang yang tersayang atau rekan kerja yang lagi makan bersama dan sangat tidak pantas untuk kita abaikan. Dan ternyata lagi hal ini tidaklah baik untuk dilakukan karena ada beberapa hal berbahaya sebagai efek dari kegiatan ini. Apa saja? Mari kita ulas satu persatu.

1. Makan sambil main HP dianggap tidak memiliki Etika dan mengganggu orang yang melihatya.
Etika penggunaan HP pada saat makan memang tidak ada tertulis di “kitab” manapun. Namun jelas kurang nyaman sekali bagi orang ada di sekitar kita makan atau yang melihat kita. Apalagi ketika jam makan kita adalah waktu istimewa yang perlu perhatian khusus dan sangat tidak etis jika kita sembarikan dengan kegiatan lain.

2. Kegiatn main HP lama kelamaan menjadi kebiasaan buruk dan menular pada anak.
Ada sebagian orang gak enak perasaan jika makan tanpa sembari menggunakan HP, rasanya ada yang hambar padahal makanan yang kita makan enak dan super sedap. Mulailah mengurangi menggunakan HP ini yang tentu akan baik untuk diri sendiri dan orang disekitar termasuk anak. Duduk dan fokuslah menikmati makanan agar dapat merasakan kepuasan dan rasa syukur mendala.

Jika kegiatan main HP terus menerus dilakukan apalagi jika dilihat langsung oleh anak kecil, otomatis mereka menganggap kegiatan ini aktivitas yang wajar dan sudah barang tentu mereka akan meniru secara langsung atau tidak langsung dan tentu ini efeknya tidak baik sama sekali.

3. Makan sambil main HP bisa memicu kenaikan berat badan atau obesitas.
Kenapa hal ini terjadi ? karena pesan bahwa perut sudah kenyang tidak tersampaikan ke otak kita sehingga kita kecenderungan makan dengan terus menerus dan dengan porsi yang banyak dan makan makanan tidak sehat. Tanpa disadari kegiatan main HP yang mengasyikkan ini akan membuat kita makan berlebih dan berakhir dengan obesitas. Apalagi kita jarang berolahraga. Dahlah gendut terus badan kita. Gula darah naik dan tidak semangat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

4. Karena tidak fokus, mengunyah jadi terganggu, dan efeknya sampai ke pencernaan.
Sudah kita ketahui bersama bahwa makanan itu harus dikunyah dengan baik sehingga mudah ditelan, dicerna, dan memberi efek cepat kenyang. Lantas ketika makan sambil main HP kegiatan tersebut ada tidak efektifnya sehingga mengganggu prosedur pencernaaan. Belum lagi bisa memicu tersedak, sakit perut, hingga sembilit.

5. Momen kebersamaa dengan orang lain rusak karena sibuk menatap layar HP.
Bagaimana jadinya jika teman makan kita ajak ngobrol tipis-tipis tapi kita malah asyik menatap HP dan perasaan teman ngobrol kita bagaikan berbicara dengan tombok. Apalagi kegiatan makan adalah undangan makan bersama. Sampai di tujuan kita malah asyik dengan gawai dan tidak tegur sapa atau saling menanyakan kabar sekilas tegur sapa. Lantas bagian mana esensi makan bersamanya?

6. Selera makan jadi biasa-biasa aja dan tidak bisa menikmati makanan secara maksimal.
Apapun makanan yang tersaji di meja atau piring sudah seharusnya untuk dinikmati dengan rasa syukur. Tidak hanya saat makan menyentuh lidah saja, tapi proses hingga makan makanan ditelan. Kalau makan sambil main HP, makanan seenak apapun tidak akan ada esensi kita untuk menikmatinya kunyah ke kunyah.

Itulah sederet alasan kenapa makan sambil main HP itu tidak baik dan harus segera kita hentikan sehingga tidak menjadi kebiasaan buruk dan sering kita lakukan.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Photo :
www.dreamstime.com
www.theeconomicstime.com 

0 Response to "6 ALASAN KENAPA MAKAN SAMBIL MAIN HP ITU TIDAK BAIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel