MEMBANGUN PERSONAL BRANDING


Bagi kalian yang sering mengikuti seminar marketing, seminar manejerial atau pelatihan motivasi pasti sering mendengar kata-kata personal branding. Misalkan dalam melaksanakan pelatihan leadership, personal branding menjadi salah satu hal yang dibahasm, begitu juga dalam seminar atau pelatihan marketing, personal branding lebih dibahas lagi tetapi dalam artian yang lebih luas yaitu dalam hal ini erat kaitannya dengan produk yang dijual. Yang perlu digaris bawahi disini adalah personal branding tidak hanya kaitannya dengan kegiatan bisnis seseorang tetapi juga setiap individu memerlukan dengan personal branding. Apapun profesi seseorang tentu personal branding tetap ada dan diperlukan, tetapi kadar atau kapasitasnya saja yang berbeda-beda.

Lantas apa itu personal branding ?

Mari kita mulai dengan pengertian dahulu. Personal branding adalah strategi untuk membentuk citra diri sendiri sehingga masyarakat atau yang orang lain dapat menilainya dari prestasi atau pencapaian yang dimiliki. Atau dengan bahasa sederhana dengan adannya personal branding ini orang akan dapat mudah mengenali kalian dengan keunikan, prestasi atau dengan ciri khas yang kalian miliki. Misalnya saja dulu ada presenter kegiatan wisata kalau gak salah namanya Fauzi Badila yang dikenal dengan jargon “ajib”. Dimana ketika ada tempat wisata yang wow indahnya selalu beliau mengatakan ajib. Lain lagi dengan youtuber kondang hingga saat ini yaitu mas Atta Halilintar yang berhasil mempersonalkan dirinya dengan jargon “ahsiap”. Juga ada “juragan 99” yaitu mas Gilang Widhia Pramana yang sukses terus bisnis, dimana julukan “juragan 99” belian sejalan dengan kemajuan bisnisnya baik itu bisnis bus-nya dan bisnis skincare Msglow dan gurita bisnisnya lainnya yang beliau jalankan bersama istrinya.

Pentingnya Personal Branding

Sementara kita simpulkan bahwa semua orang punya personal brandingnya masing-masing. Tidak harus sama karena semua orang punya hal menonjol dan ciri khas mereka sendiri. Kalau berhasil menjadikan ciri khasnya tersebut sebagai sesuatu yang spesial maka sudah tentu personal branding itu telah berhasil dibangun. Tetapi seberapa penting personal branding itu bagi seseorang. Berikut akan kita bahas pentingnya personal branding itu :

1. Membangun rasa percaya diri
Percaya diri adalah elemen penting dalam personal branding. Inilah alasan mengapa membangun branding pada diri sendiri itu penting karena dapat meningkatkan dan membangun rasa percaya diri pada individu tersebut. Ini dikarenakan anda lebih semangat dan percaya bahwa anda faktor X tersendiri yang bisa ditonjolkan dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu dalam dunia pekerjaan. Selanjutnya dalam dunia bisnis anda yakin dan percaya bahwa produk bisnis anda adalah sesuatu yang bermanfaat dan layak untuk diproduksi dan dikonsumsi atau dijual.

2. Mengembangkan kepercayaan
Pada pertama kepercayaan diri artinya untuk diri kita sendiri, maka selanjutnya personal branding juga akan memberikan kepercayaan kepada orang lain. Artinya adalah orang akan merasa lebih nyaman dan percaya pada anda walaupun belum pernah berjumpa atau bertemu sebelumnya secara langsung. Sebab anda telah ada personal branding yang ditandai oleh banyak dikenal oleh orang.

3. Membangun kredibilitas
Personal branding juga akan memberikan dan membangun kredibilitas diri anda. Hal ini ditandai dengan orang yang memiliki branding yang baik tentu secara tidak langsung akan selalu diberikan rasa hormat, rasa kagum dan kepercayaan publik akan selalu ada kepada diri anda.

4. Memperluas koneksi
Salah satu alasan penting anda punya personal branding yang baik adalah mempunya citra diri yang baik yang berdampak anda mudah meningkatan koneksi dan selalu mencari kenalan baru. Dengan demikian memperluan networking. Karena dengan koneksi yang luas anda akan mudah menyelesaikan sesuatu karena banyak orang yang dikenal dan dipermudah dalam segala urusan. Tentu sangat baik untuk diri sendiri dan orang terdekat yang membutuhkan koneksi yang anda miliki.

5. Menunjukkan diri sendiri apa adanya
Tujuan personal branding adalah untuk meningkatkan dan menunjukkan anda adalah seseorang yang apa adanya alias tidak neko neko. Sebab anda membangun branding untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain. Anda sudah dikenal dengan ciri khas anda dan anda tidak akan bisa dan orang percara anda tidak membuat kepribadian palsu di depan semua orang, dimana jika anda membuat kepalsuan maka orang akan percaya itu bukan anda. Personal branding membantu seseorang menjadi otentik, sehingga lebih mudah dalam memenuhi hal-hal dan kebutuhan hidupnya.

Cara Membangun Personal Branding yang Baik

Selanjutnya setelah kita mengetahui pentingnya personal branding, kali ini kita juga harus tau bagaimana sih caranya membagun personal branding yang baik, agar personal branding yang telah kita bangun menjadi benar-benar berdampak bagi diri kita sendiri.

1. Cari tau siapa anda
Yang pertama dan paling utama adalah cari tau siapa anda, apa kelebihan dan kekuragan anda, kenapa orang harus mengenal anda. Kalau bisa buatlah semacam daftar pertanyaan berikut dengan jawabannya. Kurang lebih memuat seperti ini :

- Apa pekerjaan atau skil anda
- Apa motivasi atau quote hidup anda
- Apa yang orang lain puji tentang anda
- Apa peran anda dalam suatu proyek atau kegiatan

Apabila anda kesulitan dalam mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut anda bisa coba tanya sama orang terdekat atau keluarga anda. Dengan mengetahui hal ini anda bisa lebih mudah dalam membangun branding diri anda sendiri dan lebih mudah dalam mengambil keputusan yang tepat dalam membangun branding diri anda sendiri.

2. Tentukan tujuan yang jelas
Setiap orang yang ingin membangun personal brandingnya tentu harus punya tujuan yang jelas. Membangun personal branding artinya anda ingin orang lain mengenal anda sebagai orang yang punya tujuan. Teringat ada teman saya yang selalu menggunakan peci atau penutup kepala yang sangat khas. Dimana ketika kita berjumpa dengan beliau dalam keadaan selalu menggunakan peci tersebut. Dan juga teman ini mempunyai profesi sebagai penjual kopi bahkan pengekspor kopi ke berbagai negara. Bisa kita putuskan bahwa teman saya ini membuat atau membranding dirinya dengan pakaian khusus sehingga orang akan selalu mengingat beliat apalagi kalau ingat kopi pasti ingat beliau ini. Tentu dengan demikian kita harus konsisten dengan suatu cara untuk mencapai satu tujuan jelas yang ingin kita capai.

3. Jaga konsistensi
Setelah mempunyai tujuan maka tahapan selanjutnya adalah konsisten. Konsistensi ini penting karena orang akan mengenal anda dengan sesuatu yang konsisten dilaksanakan untuk dan bisa mewujudkan suatu hal. Anda cukup perlu membangun kepercayaan publik dengan cara bersikap konsisten dalam menunjukkan citra diri tersebut.

4. Buat konten yang sesuai dengan style anda
Sebenarnya konten tidak perlu sekali dalam membangun personal branding, tetapi ini adalah tuntutan zaman karena semua hal terpublikasikan di media. Semua hal pasti dimulai dari media kalau saat ini. Dan kebetulan media adalah cara termudah dan terjitu dalam tujuan menpersonal diri anda.

Banyak sekali konten kreator yang awal mulanya adalah konten kreator yang akhirnya menjadi pengusaha dan dikenal oleh banyak orang karena dari prestasi atau capaian yang telah didapatkannya.

Saya ingin bercerita sedikit salah satu konten kreator yang sangat berhasil membranding dirinya sendiri. Konten kreator yang ingin saya ceritakan tersebut adalah Dimas Pangestu Ramadhan atau dikenal dengan dimsthemeatguy dimana sering kita lihat kontennya di tiktok atau di instagram. Dimana dalam cerita kisah hidupnya di channel youtube kasisolusi, beliau menceritakan kisah hidupnya dari dulu sebagai pembantu di dapur, pelayan café atau juga sempat menjadi steward café di Jerman. Sepulangnya beliau ke Indonesia beliau konsen untuk berbisnis dalam bidang usaha restoran daging atau steak. Jutaan bahkan ada harga daging yang puluhan juta harganya ditawarkan di restoran miliknya. Siapa sangka beliau sangat dikenal di dunia perdagingan atau persteakan. Semua ini karena beliau mempersonalkan dirinya di media sosial instagram atau tiktok sehingga kalau bicara daging atau steak dengan restoran yang dagingnnya berbagai kelas. Tentu jawabannya adalah restoran milik kang dimas ini. Kini karena personal branding yang beliau punya beliau sukses di media sosial, sukses dalam bisnis restoran steak, dan jaya di usaha perdangann daging miliknya. Kisah lengkapnya bisa kalian dengar di channel youtube kasisolusi.

5. Perluas Relasi
Memperluas relasi atau networiking adalah bagian dari cara membangun branding yang sangat penting. Mempunyai banyak relasi akan sangat membantu anda dalam mencoba dan menemukan hal-hal baru yang mungkin belum pernah anda temukan sebelumnya. Yang terpenting dalam hal membangun relasi adalah anda memberikan kesan profesional terhadap relasi anda. Dengan demikian orang tersebut akan sangat berdampak terhadap mutu yang membuat branding anda semakin kuat.

Nah itulah yang perlu anda ketahui tentang personal branding serta tata cara membangunnya pada diri sendiri. Dengan membangun personal branding sekarang akan memberikan dan menentukan masa depan anda.

Jadi, sudah siapkah anda membangun personal branding? Mulailah sekarang serta mulailah dengan cara cara terkecil dan termudah lebih dahulu. Sehingga pelan-pelan tujuan personal branding anda akan tercapai. Selamat mencoba dan menjadi seseorang yang mempunya personal branding.

Photo : www.digitalbisa.com

0 Response to "MEMBANGUN PERSONAL BRANDING"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel