Manfaat tidak Menggunakan Gadget 1 Hari aja !!!

Di akhir Bulan September Tahun 2020, Indonesia dan hampir seluruh negara di Dunia masih dilanda dengan Bencana wabah virus yang tidak ada tanda-tanda akan berakhir. Semakin hari jika menonton Televisi atau membaca berita, Korban terinveksi makan bertamabah dan kebijakan pemerintah yang dulunya sempat “dipadamkan” kembali “dinyalakan lagi untuk menangani Virus ini. Semoga virus ini cepat berakhir dan kita tidak perlu khawatir berlebihan dan utamakan keselamatan dan kesehatan dengan selalu mengikuti protokol kesehatan dari Pemerintah. 


Kenapa harus khawatir, tentu semuanya karena Pemberitaan terutama di Media Sosial yang hampir saban kita baca atau kita dengar. Kita bisa menomorduakan khawatir itu, maksudnya begini, tetap khawatir tetapi jangan menjadi prioritas. Hal khawatir itu bisa kita hilangkan atau kita “delete” dengan cara tidak membaca berita, tidak mau mendapatkan informasi, dan tidak mau mendengarkan cerita teman terkait dengan pemberitaan tersebut. Cara efektifnya adalah simpan, jual, atau “buang” gadget kalian agar pikiran kalian tidak tercemar dengan pemberitaan dan informasi yang membuat kalian mengkhawatirkan itu. Ini berlaku bagi orang khawatir aja lho !!, buat kalian yang tidak khawatir tidak perlulah seperti ini. 

Jadi itulah sekelumit cerita terkait dengan efek samping menggunakan gadget yang akan kita bahas dalam tulisan. Kita tidak jadi membahas terkait efek ketakutan pandemi Covid19 yap. 

Gadget ya seperti HP dengan bermacam media sosial dan aplikasi diciptakan untuk membantu pekerjaan dan melaksanakan kegiatan sehari-hari yang rumit menjadi mudah. Seseorang dulunya perlu kita jumpai malah kini dengan sebatas gadget kita tidak perlu menjumpai. Dulunya kuliah harus dikelas, kini hanya di depan smartphone. Simple aja guys. Hal ini tentu jika smartphone digunakan secara tepat dan tidak berlebihkan. Jiak digunakan secara terus menerus dan berlebihan nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan dan nanti kalian saki lho !!. Sakit mata dan lain-lain. 

Selain berita Hoaks dan informasi yang tidak benar beredar di media sosial, menggunakan media sosial yang smartphone yang tidak tepat tentu akan memparah suasana sosial disekitar kita. Termasuk aktifitas dan hubungan sesama manusia. Setidak ada 4 macam manfaat yang kita dapatkan jika menggunakan smartphone tidak berlebihan. 

1. Kalian bisa makan dengan benar 

Sering kita melihat orang-orang disekitar kita, makan sambil main handphone, padahal makan adalah “ritual” yang kita lakukan untuk mempertahankan hidup dimana kita makan harus mengutamakan ke-focus-an tapi keep santai. Apa jadinya karena kita makan dengan tidak hati-hati nanti malah tersedak atau batuk sehingga akan membahayakan. Jadi, makan sambil main gadget adalah hal yang tidak baik. Setuju ??? 

2. Hubungan asmara dan keluarga semakin harmonis 

Pernah gak kalian bagi yang sudah berkeluarga atau belum, bermain handphone terus-terusan di depan keluarga atau di depan pasangan kalian. Ini 100 persen tidaklah baik. Apalagi hal ini kalian lakukan ketika ada jamuan makan, atau istilahnya ada yang traktir. Yang awalnya niat ingin ngumpul sambil sharing dan silaturahmi malah menjadi ajang main handphone, apalagi ketika ada teman yang mengajak ngobrol mata kita malah ke handphone. Ini tidaklah baik teman. Untuk itu kurangi pemakaiannya ya. 

3. Menjaga kesehatan mata dan telinga 

Pernah gak kalian menghitung berapa jam kalian menggunakan gadget, baik itu laptop, handphone, atau tablet. Dalam dunia kesehatan IT dan bergadget dikenal adanya istilah base on screen atau berapa lama sehari kalian melihat layar elektronik. Setidaknya mata hanya bisa mampu menatap layar dengan waktu normal sekita 4 jam sehari. Selebih itu akan sangat membahayakan kesehatan mata. Begitu juga dengan indra pendengar. Berapa lama sehari kita menggunakan hedset baik untuk mendengarkan music atau lain sebagainya. Ketika hal ini sudah berlebihkan tentu akan membahayakan mata dan telinga. 

Untuk itu selalu sadari diri kalian untuk menggunakan gadget seperlunya. 

4. Hidup menjadi lebih damai 

Bagi kalian yang berumur 25 tahun keatas atau sekitar 30 sekarang pasti kalian pernah merasakan kehidupan tanpa smartphone. Apa itu pada saat SD, SMP, atau pada saat SMA kalian. Memang jika kita banding kehidupan dulu lebih sulit terutama dalam hal komunikasi. Tetapi dibalik itu semua ada rasa kedamaian. Dimana tidak perlu membuka WA setiap saat. Tidak ada informasi grup kantor yang wajib kita baca, tidak ada media sosial yang setiap saat perlu kita buka, atau bahkan tidak ada game yang membuat kita kecanduan untuk dimainkan. Hal ini memang membuat rasa senang tersendiri jika kita ingat sekarang. Tapi apa daya dunia sudah semakin canggih hal tersebut tentu tidak akan berulang lagi. 

Maka oleh karena itu, gadget memang penting sekali dalam tatanan dunia sekarang. Tetapi apa salahnya kita gunakan pada tempat yang tepat dan waktu yang tepat sehingga menghasilkan sesuatu yang tepat sasaran. Tidak ada salahnya untuk membuat tantangan satu hari aja tanpa gadget yang bisa kalian lakukan, mudah saja misalnya dihari libur kerja atau tanggal. Ini kebosanan kalian tanpa gadget dengan membersihkan rumah, kebun, berolahraga, atau mengundang teman atau tetangga kerumah untuk sekedar mengobrol tentunya tidak pakai HP. 

Semoga artikel ini bermanfaat.

Pic Source : https://economictimes.indiatimes.com/magazines/panache/say-no-to-gadgets-and-other-healthy-habits-parents-should-teach-children/articleshow/64136892.cms

 

0 Response to "Manfaat tidak Menggunakan Gadget 1 Hari aja !!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel