Penginapan : LENGKAP atau NYAMAN?

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tentu kita tidak selamanya berada di suatu tempat tinggal saja. Suatu waktu kita pasti akan bepergian dari satu kota ke kota lainnya. Apakah dalam rangka tujuan wisata, tujuan silaturrahmi, atau tujuan (lebih tepatnya “tuntutan”) pekerjaan. Tentu yang menjadi pertimbangan kita ketika berada di Kota lain adalah makanan, teman/kenalan/relasi, kondisi alam, suhu, prilaku masyarakat, dan tentu saja penginapannya. 

Penginapan yang diartikan disini adalah tempat dimana kita akan menginap jika kita berada di suatu kota yang tentu bukan kota domisili kita. Penginapan menjadi pertimbangan utama. Penginapan akan sangat berpengaruh terhadap mood dan kebetahan kita jika berada di suatu kota atau daerah yang sangat asing bagi kita. Penginapan yang baik tentu akan memberikan kualitas istirahat yang baik pula bagi kita. Misalnya dalam tujuan wisata, dengan pertimbangan memilih penginapan yang sesuai tentu akan memberikan sensasi liburan kita yang sesungguhnya. Begitu juga dalam tujuan pekerjaan. Dengan memilih penginapan yang tepat maka akan sangat berpengaruh terhadap etos kerja dan semangat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target atau sasaran yang telah ditugaskan. 

Tentu disetiap kota yang kita singgahi terdapat penginapan yang bagus, layak, lengkap, dan nyaman. Penginapan dalam artian ini adalah secara keseluruhan. Baik berupa hotel, wisma, motel, inn, bungalow, villa, dan tentu saja kost-kostan. Tentu kita bisa memilih mana yang kita suka. Tetapi permasalahannya adalah adanya keterbatasan. Keterbatasan dalam budget atau biaya yang kita alokasikan untuk memilih penginapan. Kadar budget yang ditentukan sangat disesuaikan oleh kantong masing-masing atau anggaran yang diberikan oleh tempat kita bekerja. Jika anggarannya untuk hotel maka kita akan mencari hotel. Begitu juga anggarannya untuk kost maka silahkan kita cari kost-kostan.

Permasalahan berikutnya adalah ketika budget yang diberikan adalah untuk hotel, maka silahkan mencari hotel. Tetapi apakah penginapan atau hotel yang kita pilih sesuai dengan selera dan pertimbangan kita. Begitu juga dengan mencari kost apakah kost-kostannya sesuai dengan selera dan pertimbangan kita. 

Pertimbangan dalam pemilihan penginapan yang paling penting adalah cukup dua poin sahaja. Yaitu pilih lengkap atau nyaman. Kemungkinan dengan budget yang besar tentu kita akan mendapatkan penginapan yang lengkap dan nyaman. Tetapi kembali ke permasalah diawal tadi tentu adanya keterbatasan budget.

Poin pertama, penginapan yang lengkap tentu memiliki fitur-fitur menarik plus pelayanan terbaik yang diberikan. Misalnnya terdapat kamar mandi yang luas dan lengkap, adanya AC/Pendingin ruangan, meja rias, dll. Tetapi terkadang, sudah lengkap tetapi tidak nyaman. Misalnya kebisingan suara, kamar yang tidak bersih, sirkulasi udara yang tidak ada dan fitur-fitur atau interior yang terkesan jadul. Selanjutnya poin yang kedua adalah nyaman. Dikategorikan nyaman tentu kamar yang jauh dari kebisingan, bersih, sirkulasi udara lancar dan ditambah dengan prilaku orang-orang sebelah yang ramah dan baik. Tentu inilah poin kenyamanan itu. Walaupun interiornya kurang lengkap tetapi sudah memenuhi standar kecukupan. 

Lengkap dan nyaman adalah salah satu paket pelayan yang diberikan disetiap penginapan. Tetapi kenyataannya masih ada kurang di kelengkapannya atau kurang dikenyamanannya. Maka dari itu dua poin ini menjadi penilaian awal terhadap penginapan yan akan menjadi tempat kita berbaring walau hanya beberapa saat. Tetapi bagi saya poin kenyaman layak dinomorsatukan. Untuk apa lengkap tetapi tidak nyaman. Dan biar saja tidak lengkap asalkan nyaman. Bagaimana dengan anda????.

0 Response to "Penginapan : LENGKAP atau NYAMAN?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel